Cara agar Wi-Fi (sedikit) lebih aman

Cara agar Wi-Fi (sedikit) lebih aman

Meski password WiFi dan password router sudah diganti secara berkala, tapi akan selalu ada cara orang-orang jahil kalau mau ngehack WiFi kita. Terlebih kalo si jahil pake Android. Kalau sudah begini, salah satu kelemahan keamanan pada home network adalah WPS.

Apa itu WPS?

WPS merupakan singkatan dari Wi-Fi Protected Setup. Fitur ini ada untuk memudahkan koneksi dari device baru ke jaringan, contoh device-nya yaa seperti konsol game.

Bagaimana cara kerja WPS?

Biasanya sih tinggal tekan tombol pada router dan tombol pada device, kemudian kedua device bakal paired secara otomatis sehingga tidak perlu konfigurasi yang terlalu teknikal. Kalau device kamu tidak punya tombol WPS, tetap bisa dilakukan dengan cara set up PIN. Nah, PIN ini yang gampang banget dihack. Kok bisa?

Ya karena PIN cuma 8 digit angka. Beda dengan password WPA yang 16 karakter. Memang kalo ngehack manual sih kelihatannya susah. Tapi ada aplikasi yang marak beredar buat ngehack PIN WPS dari router, biasanya berbasis Android nih. Aplikasi apakah itu? Googling aja deh sementara Mintek males bahas wkwk ampun.

Tapi apa untungnya sih ngehack WiFi rumahan? Toh biasanya juga unlimited kan jadi gak ngehabisin kuota

Memang. Tapi orang yang iseng banget ngehack WiFi itu kalo sudah bisa masuk home network kamu, bakal bisa juga:

  • Ngintip semua traffic HTTP di device kamu
  • Download konten ilegal pake network kamu
  • Mencoba ngehack device kamu yang terhubung di home network yang sama
  • Mencoba ngakses hard drive yang di-network-shared di home network kamu
  • Kalau username dan password router kamu masih default, mereka bisa ngganti setting-an pada router dan bahkan ngeganti passwordnya
  • Ngejalanin yang namanya man in the middle attack. Lengkapnya cek Wiki.

Nyeremin juga, kan? Cara yang bisa kita lakukan ya menonaktifkan WPS.

Cara mematikan WPS pada router

Nah ini caranya beda-beda untuk tiap merek router. Cara di bawah ini buat yang router dan ISP nya samaan dengan Mintek. Untuk router dan ISP lain sih mirip-mirip lah ya, intinya login ke router, cari setting untuk network interface, dan disable WPS. Lengkapnya bisa googling atau coba cek di sini barangkali merek routermu ada.

Cara mematikan WPS pada router ZTE F609 Indihome

  1. Buka web browser, ketik 192.168.1.1
  2. Login dengan username dan password router. Defaultnya username user dan password user. Tapi Telkom memperbarui secara berkala, jadi kalo gagal login ya googling aja. Waktu Mintek nulis ini, bisa login dengan username admin dan password [email protected]!e8ow&q#u hasil googling dengan keyword “password router ZTE F609”.
  3. Masuk ke menu Network > WLAN > WPS.
  4. Disable aja deh.

Dalam bentuk gambar:

disable wps zte f609

Bonus: Cara mematikan WPS pada router TP-Link

disable wps tplink

Terus pengaruhnya apa sih selain (sedikit) lebih aman kalo WPS dimatiin? Sejauh ini sih Mintek belum ngerasain kerugian setelah disable WPS sih, nanti diupdate kalau ngerasain. Atau mungkin kalian mau share? Monggo.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment