Review Kamera Canon 1300D yang Cocok untuk Pemula

Buat Anda nih yang kebetulan sedang mencari kamera DLSR yang bagus dan berharga terjangkau, terutama bagi Anda yang baru pertama kalinya belajar fotografi, Canon 1300D sepertinya akan jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Canon 1300D tersebut merupakan kamera terbaik yang hadir dengan fungsionalitas dan harga berkisar Rp 5 juta rupiah. Kamera ini tentu saja pas banget digunakan oleh Anda yang ingin belajar fotografi. Namun demikian, sebelum membeli sebaiknya ketahui terlebih dulu review singkat kamera Canon 1300D yang akan kami rangkumkan berikut ini.

Review Kamera Canon 1300D yang Cocok untuk Pemula

Tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, kamera Canon 1300D ini juga memiliki body tak terlalu besar. Dimensi bodinya hanya 129 x 101.3 x 77.6 mm saja. Bahkan bobot dari Canon 1300D terbilang ringan untuk ukuran kamera DSLR, yakni sekitar 0.4 kg. Meskipun demikian, kamera tersebut akan tetap terasa kokoh juga nyaman banget untuk dipegang. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membawanya bepergian atau pun untuk mengasah kemampuan fotografi, Canon 1300D pastinya tidak akan membuat Anda merasa kerepotan.

Selain itu, kamera dari Canon ini ternyata juga punya kemampuan transfer data nirkabel. Kamera yang pas untuk pemula tersebut bahkan sudah dilengkapi pula dengan koneksi WiFi dan NFC. Sistem koneksi inilah yang akan memudahkan Anda untuk memindahkan hasil foto ke galeri HP lewat aplikasi Canon Photo Companion. Lalu jika berbicara mengenai fitur yang dibawanya, Canon 1300D pastinya sudah sangat sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Khususnya untuk kamera satu ini sudah ada sembilan titik Auto Focus atau AF untuk memberikan ketepatan dalam pengambilan gambar.

Tidak hanya itu saja, juga masih ada titik fokus di bagian tengahnya, yakni Cross Type. Tujuannya, agar bisa memberikan akurasi dan kecepatan juga ketepatan dalam pengambilan gambar terbaik di posisi vertikal atau pun horizontal. Selain itu masih ada fitur lainnya, yakni AI Servo AF yang akan membantu Anda untuk mengunci fokus pada saat membidik objek yang bergerak. Luar biasanya lagi, meskipun direkomendasikan sebagai kamera untuk para pemula, tetapi Canon 1300D memiliki teknologi pendukung yang cukup mumpuni sekali.

Kamera DSLR terbaik tersebut membawa prosesor DIGIC 4+ dan sensor APS-C CMOS 18MP, lalu untuk mendukung kecepatan dalam pengambilan gambar hingga 3 frame per second sudah ada mode Continous di kamera ini. Sementara itu untuk tingkat ISO Canon 1300D sendiri berkisar pada ISO 100 – 6400 yang masih bisa dimaksimalkan lagi hingga ISO 12800. Kemampuan ISO inilah yang pada akhirnya membuat Canon 1300D punya kemampuan untuk digunakan disituasi minim cahaya.

Menariknya, Canon 1300D juga masih memiliki beberapa fitur terbaru, salah satunya adalah fitur White Priority yang diletakkan di bagian White Balance. Fitur ini nanti akan sangat membantu untuk memotret di sebuah ruangan yang didominasi oleh warna kuning. Jikaa diaktifkan, maka warna yang dihasilkan di foto akan tampak lebih natural dan netral. Selain itu ada Food Mode. Ini merupakan fitur yang dibuat secara khusus untuk hasilkan foto makanan dengan tone lebih matang. Hadirnya fitur tersebut bisa jadi untuk dukung profesi food blogger yang memang disukai kaum muda masa kini.

Fitur lainnya adalah Creative Filters. Dengan fitur ini maka Anda bisa menggunakannya untuk mengeksplorasi selera fotografimu. Selain itu, melalui fitur itu juga Anda bisa hasilkan foto dengan efek – efek seperti Grainy Black and White, Soft Focus, Toy Camera Effect, dan Miniature Effect. Sehingga Anda bisa lebih mudah lagi mendapatkan foto – foto sesuai selera senimu.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang review kamera Canon 1300D yang cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment