Review kamera iPhone XS: Keren banget.

Sebelum ngobrolin hasil kamera iPhone XS, doi punya banyak sekali keunggulan yang bisa diobrolin. Jadi salah satu smartphone dengan display paling bagus, hasil benchmark performanya juga bagus banget, daya tahan baterainya juga, dan jangan lupakan suara yang dihasilkan dari stereo speakernya (kenapa daku seperti Apple fangirl?).

Apple sendiri juga mengklaim banyak hal-hal epik terkait dengan kameranya iPhone XS. Kalau kalian bertanya-tanya, emang iya kamera iPhone XS sebagus itu? Nih, ada hasil tes kameranya, lumayan lengkap.

Hasil foto kamera iPhone XS: Kamera belakang

Di bagian belakang, iPhone XS dilengkapi dengan sensor kamera 12MP f/1.8 + 12MP f/2.4 yang mirip dengan iPhone X. Walau begitu, Apple telah melakukan beberapa peningkatan. Sebagai contoh, pixel pada sensornya sekarang sudah lebih besar dan lebih tajam (deeper) daripada iPhone X, sehingga bisa menangkap lebih banyak cahaya.

Selain itu, ada fitur Smart HDR yang bisa menangkap lebih banyak detail dalam bayangan (shadows) dan highlights. Berikut hasil uji coba kamera belakang iPhone XS pada beberapa sikon.

Pencahayaan bagus

iPhone XS landscape

Saat dalam keadaan good lighting, iPhone XS tentu saja berhasil menghasilkan foto-foto keren. Ada banyak banget detail yang berhasil ditangkap kamera, color balance-nya on point, dan berkat Smart HDR, shadows-nya memiliki detail yang cukup. Berikut hasil fotonya, kondisi pencahayaan bagus dan outdoor.

hasil foto kamera belakang iphone xs outdoor good lighting

Pas dibandingkan sama iPhone X, iPhone XS cenderung lebih saturate warnanya. Tapi gak oversaturated kok (ala-ala Samsung? wkwk), tapi bukan berarti selalu true to life juga. Tergantung sikon. Intinya, keren dan tidak mengecewakan.

hasil foto objek kamera belakang iphone xs outdoor good lighting

Sedangkan untuk hasil foto indoor lighting, terutama saat pencahayaan berwarna kekuningan, terkadang color balance-nya agak ngaco dan kalo kalian ambil objek foto manusia, warna kulitnya bisa jadi agak pink gitu. Tapi kasus langka sih ini.

hasil foto kamera belakang iphone xs indoor good lighting

Pencahayaan terbatas (low light)

iPhone XS lowlight

Pada pencahayaan terbatas, sensor iPhone XS yang lebih besar dan tajam sudah jelas dapat memberikan perbedaan. Hasil foto yang diambil iPhone XS dalam keadaan poor lighting tergolong sangat bagus, walau tentunya masih ada noise yang disebabkan oleh kenaikan ISO. Tapi ya gimana, semua smartphone juga begini (sepertinya) kalau dihadapkan pada kondisi low light.

iphone xs lowlight indoor

iPhone XS masuk dalam kumpulan smartphone yang paling bagus performanya saat ambil gambar pada kondisi low light.

iPhone XS lowlight objek

Mode portrait

Portrait Mode pada iPhone XS jadi salah satu yang terbaik yang pernah Mintek lihat. Sebelumnya, Mintek bias ke Pixel 2, tapi kok bagusan XS lama-lama 🙁

iPhone XS rear portrait

Foto yang diambil menggunakan mode portrait iPhone XS memiliki banyak detail dan color balancing yang sangat baik. Kemampuan edge detection yang dimiliki juga sangat baik. Ya memang kadang ngaco (sekali lagi, semua smartphone juga kadang ngaco), tapi secara overall lebih konsisten mengambil foto-foto yang bagus dengan lebih detail, jika dibandingkan dengan kompetitornya.

iPhone XS portrait human

Ada juga fitur Depth Control di mana kalian bisa menyesuaikan background blur pada mode portrait sesaat setelah kalian mengambil foto. Fitur ini memang mirip dengan Live Focus punya Samsung, tapi setelah dicoba-coba ternyata beda kok, dan lebih advanced. Walau begitu, jarang banget sih Mintek pake fitur ini so far.

Video

Berbicara soal video, iPhone XS bisa merekam video hingga kualitas 4K dengan 60fps, dan hasil videonya tentu saja keren banget. Hasil warnanya cantik, sharpness keren, jangan lupa detail yang dihasilkan juga sangat baik. Software processing untuk HDR juga bagus.

Hasil foto kamera iPhone XS: Kamera depan

Di bagian depan, iPhone XS dilengkapi dengan kamera true depth 7MP yang juga dilengkapi dengan Portrait Mode dan Depth Control. Mengingat fungsi utama kamera depan adalah biasanya untuk selfie, ini sudah sangat lebih dari cukup.

iphone xs front camera selfie

Foto yang dihasilkan dari kamera depan memang tidak sedetail kamera belakang, tapi tidak selebay kamera depan merek-merek anu yang hasil foto selfie kita jadi seperti tanpa pori-pori. Ini adalah andil dari fitur Beauty Gate.

Meski diambil dalam kondisi pencahayaan yang gak bagus-bagus amat, hasil fotonya sangat baik. Smart HDR juga berandil besar dalam elemen shadows dan highlights pada foto.

Review akhir kamera iPhone XS

Bagus banget. Hasil fotonya enak diliat mata. Jadi salah satu favorit kamera terbaik smartphone saat ini untuk Mintek. Kalau dibandingkan sama Pixel 3 gimana ya kira-kira…

Leave a Comment