Review Spesifikasi Kamera Smartphone Oppo F9 Terbaru

Beberapa waktu lalu Oppo kembali lagi meriliskan produk smartphone mid range terbarunya yang diberi nama sebagai Oppo F9. Smartphone Oppo terbaru tersebut ditawarkan dengan harga sekitar Rp 4 juta rupiah, yang memang cukup menggoda sekali bila dilihat dari segi desain atau pun fitur yang disematkan di dalamnya.

Kamera menjadi salah satu fitur yang bisa dibilang cukup jadi perhatian. Apalagi Oppo memang sudah sejak lama mengokohkan dirinya sebagai smartphone rajanya selfie. Atas dasar itulah pada kesempatan yang baik kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda seputar review spesifikasi kamera smartphone Oppo F9 lebih lengkapnya. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Review Spesifikasi Kamera Smartphone Oppo F9 Terbaru

Secara keseluruhan smartphone Oppo F9 terbaru ini membawa 2 buah kamera, 2 di bagian belakang dan 1 kamera di depan. Konfigurasi kamera ganda yang ada di bagian belakang smartphone tersebut memiliki sensor utama dengan resolusi 16MP dan dengan bukaan f/1.85 dan 2MP dengan bukaan f/2.4 yang ditujukan secara khusus untuk depth sensor. Sementara itu untuk kamera depannya sendiri memiliki resolusi lebih besar, yakni 25MP dengan Aperture f/2.0.

Salah satu hal paling menarik dari Oppo F9 ini adalah kamera smartphone tersebut menggunakan sensor Sony IMX578. Di atas kertas spesifikasi ini terbilang cukup mumpuni sekali. Apalagi jika dipadukan dengan Artificial Intelligence yang bisa maksimalkan kualitas foto di tiap – tiap kondisi pemotretan. AI tersebut bisa kenali setidaknya 16 skenario foto yang berbeda – beda. Jadi, Anda tak perlu lagi repot – repot melakukan pengaturan kamera dan menyerahkan mengenai pengukuran cahaya yang pas kepada kamera.

Berbicara mengenai fitur kamera yang disematkan pada Oppo F9 ini ada 8 menu, yakni Video, Photo, Timelapse, Slomo, Sticker, Portrait, Pano, dan juga Expert. Penting sekali untuk Anda ketahui bahwa pada dasarnya hasil foto kamera smartphone Oppo F9 ini bisa dibilang cukup impresif sekali apabila menggunakan Mode Auto. AI-nya bahkan terbukti sangat efektif sekali dalam mengukur eksposur, highlight, dan saturasi. Urusan foto di luar ruangan dengan pencahayaan yang cukup sepertinya smartphone ini sangat impresif.

Jadi untuk mengetes performa sangat disarankan sekali agar memilih memotret di keadaan minim cahaya, sebab pada skenario inilah kemampuan kamera Oppo F9 diuji dengan berat. Lalu untuk urusan video, smartphone Oppo F9 ini ternyata sanggup merekam video dengan kualitas mumpuni. AI yang ditanamkan pada Oppo F9 tersebut ternyata turut membantu untuk menghasilkan video dengan warna yang cukup akurat sekali meskipun saturasinya tidak berlebihan.

Salah satu masalah yang bisa dibilang cukup mengganggu sekali adalah Autofocus-nya. Jadi, pada saat Anda merekam video, fokusnya tidak mau mengunci di satu objek saja, dan akan terus – terusan mencari fokus apabila Anda menggerakan smartphone ini. Sehingga hasil video sering wobbly sebab Autofocus konstan tersebut. Tidak hanya itu saja, smartphone terbaru milik Oppo tersebut juga tampaknya masih belum dilengkapi dengan OIS, tetapi EIS untuk stabilisasi kameranya. Sehingga apabila Anda akan merekam video sambil bergerak kasar, maka videonya akan timbulkan jello effect. Tak terlalu parah, tetapi hal ini tentu sangat mengganggu sekali. Sementara itu untuk fitur Slomo-nya agak mengecewakan. Meskipun tidak wobbly, tetapi tingkat ketajamannya menurun drastis.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar review spesifikasi kamera smartphone Oppo F9 terbaru. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment