Lengkap, Tutorial VSCO untuk Mengedit Foto Terbaik Anda

Hallo. Senang sekali rasanya saya kembali bisa berbagi informasi yang mudah-mudahan bermanfaat untuk kamu yang sedang membaca. Dan, topik utama pada pembahasan kali ini adalah tutorial VSCO atau Visual Supply COmpany. Tentunya sudah tahu semua ya bahwa VSCO adalah aplikasi sistem IOS dan android yang memiliki banyak fitur edit gambar. Namun, apakah tutorial VSCO semudah edit foto di fitur bawaan ponsel ataukah sesulit photoshop? Oke daripada bingung, sebaiknya langsung saja simak informasi selengkapnya mengenai tutorial VSCO berikut ini ya.

Mendownload aplikasi VSCO pada playstore

hqdefault

Sebelum kita bicara panjang lebar mengenai tutorial VSCO, alangkah baiknya jika kamu download terlebih dahulu aplikasinya agar kamu bisa langsung praktik sambil membaca atau praktik setelah membaca artikel ini. Langsung saja download aplikasinya melalui playstore.

Ketikkan VSCO pada kolom searching dan nanti pada hasil pencarian (biasanya di urutan teratas) kamu akan melihat aplikasi dengan gambar lingkaran berwarna dominan putih dengan striping hitam di sekelilingnya. Download saja. Ukurannya tidak besar kok. Hanya empat puluh satu megabyte saja, instal dan kemudian buka aplikasi VSCO tersebut.

Izinkan VSCO menjelajah perangkat

Setelah kamu buka aplikasi VSCO tersebut, nanti kamu akan dikirimkan pertanyaan melalui pesan aplikasi dadakan yang akan terlihat di layar ponsel saat membuka aplikasi VSCO. Pertanyaannya berupa perizinan VSCO menjelajah perangkat kamu. Dan klik atau tab izinkan jika pertanyaan itu muncul.

Registrasi.

Simulator Screen Shot Aug 29 2017 3.13.50 PM

Setelah itu, lakukan registrasi dengan menggunakan nomor telepon atau email. Buatlah username dan password yang sudah kamu tentukan.

Masuk ke menu studio

studio unselected

Setelah kamu izinkan VSCO menjelajah perangkat dan kamu pun sudah selesai registrasi, nanti kamu akan dibawa masuk pada beranda aplikasi VSCO. Pada beranda itu ada menu “feed” (beranda yang berisikan gambar-gambar yang sudah dipost oleh orang lain), “temukan” (kanal varian gambar untuk mempermudah pengguna mencari pilihan gambar yang sesuai), “studio” (dapur editing foto dengan berbagai macam menu editan yang memanipulasi visual), dan “profil” (akun VSCO kamu yang berisi data, foto profil, serta gambar yang kamu edit dan kamu post).

Langsung saja kamu tap menu “studio” pada beranda. Setelah masuk ke studio kamu akan diberi dua opsi untuk mengedit gambar. Opsi pertama yakni “ambil foto” atau menjepret foto dengan menggunakan kamera handphone langsung dan opsi kedua adalah “import foto” yakni mengambil gambar dari galeri atau penyimpanan data pada handphone.

Mulai mengedit

Sebenarnya opsi “ambil foto” dan “import foto” sama saja. Sama-sama bertujuan mengadopsi gambar untuk di edit. Nah sebagai contoh, kamu tap saja opsi “import foto” dan nanti kamu akan dibawa menuju galeri foto pada handphone kamu.

Pilihlah foto yang ingin kamu edit dan tap “impor” jika sudah memilih foto yang ingin di edit. Setelah itu, kamu akan dibawa menuju studio editing yang memiliki banyak opsi untuk memperbagus gambar.

Editing dengan efek foto

VSCO filter

Di dalam studio editing, opsi pertama yang akan kamu temui adalah efek foto. Opsi ini bergambar icon kotak dengan strip putih yang membelah dibawahnya. Kamu bisa merubah efek warna foto mu dengan efek-efek yang sudah disediakan secara gratis oleh pihak pengembang.

Namun, jika kamu ingin varian efek yang lebih banyak, tentunya kamu harus menjadi pengguna aplikasi premium dengan cara membayar sejumlah uang digital atau virtual money kepada pihak pengembang.

Editing dengan opsi pengaturan cahaya

VSCO contrast
contrast

Jika kamu belum puas dengan hasil editing menggunakan efek foto, kamu bisa lanjut mengedit foto mu pada opsi selanjutnya yakni opsi pengaturan cahaya. Opsi ini bergambar icon garis putih dengan titik di tengahnya. Ya seperti indikator volume gitu deh.

VSCO exposure
exposure

Pada opsi ini kamu akan disediakan beberapa pilihan editing diantaranya adalah “eksposur” (untuk menerangkan atau menggelapkan gambar), “kontras” (untuk menebalkan warna atau memudarkan warna), “sesuaikan” (untuk merubah ukuran dan posisi gambar), “pertajam” (untuk  mempertajam dan mempertumpul warna gambar), dan “saturasi” (untuk memberikan kesan hangat atau kesan dingin pada gambar). Kamu edit deh foto mu. Edit sesuka mu hingga wajah mu tambah cantik bagai Kagura atau tambah ganteng seperti Lancelot.

VSCO saturasi
saturasi

Undo

Opsi selanjutnya pada pengeditan di studio editing aplikasi VSCO adalah undo. Jika kamu sudah kadung mengedit sedemikian rupa dan merasa foto mu sepertinya lebih baik saat sebelum di edit, kamu bisa pilih menu undo untuk mengembalikan foto mu seperti semula. Kadang gitu sih, manusia selalu tak pernah puas. Padahal foto alaminya sudah bagus. Hehehe.

Editing dengan opsi alat

Opsi selanjutnya adalah alat. Kenapa disebut alat, karena opsi ini mempunyai banyak fitur pembohongan visual atau alat mempercantik foto. Opsi ini bergambar icon beberapa garis dengan bintang berwarna putih di pojok atas kanan.

Di dalam opsi ini ada berbagai macam pilihan editing yang memiliki fungsi khusus masing-masing seperti rona, keseimbangan putih, warna kulit, vignet, butiran, pudar, pecah rona, tepian, dan HSL. Edit lah foto mu dengan kreasi maha dahsyat yang kamu miliki. Tapi ingat jangan keterlaluan ngeditnya. Kasihan yang tertipu hehehe.

Simpan atau publikasikan gambar

VSCO save

Setelah selesai mengedit, kamu tap gambar anak panah ke bawah untuk menyimpan hasil editing foto mu ke galeri handphone. Sedangkan untuk mempublikasikannya, kamu bisa tap gambar anak panah ke atas pada opsi aplikasi setelah selesai mengedit.

VSCO save 2

Jika kamu mempublikasikan hasil editing gambar mu, maka nanti gambar mu akan muncul di beranda atau opsi feed dengan nama profil kamu. Yah setidaknya berikan caption “kepada netizen, dipersilahkan.” Sebagai indikasi kalau kamu siap dibully jika hasil editingmu tidak diterima oleh orang-orang yang melihatnya. Hehehe. Namun jika hasil editing mu bagus, siap-siap saja untuk menerima banyak pujian.

Mencari teman atau followers.

Jangan lupa untuk cari teman lewat aplikasi VSCO ini dengan cara masuk ke opsi feed kemudian pilih gambar yang kamu sukai. Tap nama akun pemilik gambar tersebut kemudian tap ikuti. Jika sudah berteman, kamu bisa memberi bintang pada gambar orang lain yang kamu sukai, merepostnya, atau memberi komentar.

Perlu kamu ketahui juga bahwa para penge-post gambar di VSCO kerap kali mempublikasikan gambar yang bagus, unik, abstrak, dan sakral. Kamu pun bisa screenshoot gambarnya dan menyimpan gambar tersebut ke galeri handphone kamu jika kamu menyukainya.

Yaps. Kurang lebih seperti itulah informasi mengenai tutorial VSCO yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Maaf ya jika ada tulisan yang kurang berkenan. Saya harap informasi ini bermanfaat untuk kamu yang membacanya. Dan, jangan lupa share informasi ini ke teman-temanmu yang lain ya.

Leave a Comment